Kamis, 16 Mei 2013

Daftar Istilah-Istilah Penting Dunia Blog


Daftar Istilah-Istilah Penting Dunia Blog - Pasti anda pernah mendengar ataupun tahu tentang blog, apakah anda tahu istilah-istilah dalam dunia blog ?. Jika belum, pada kesempatan ini saya akan memberi tahu anda isitilah-istilah dunia blog. Sangat banyak sekali istilah yang belum anda ketahui.
Hal ini sangat perlu bagi anda dan juga buat penambah pengetahuan anda dalam dunia blog. Berikut ini daftar istilah dalam dunia blog : 

Advertiser 
Sama artinya dengan Merchant, yaitu pedagang atau perusahaan yang beriklan barang/jasa pada suatu situs.
Adsense
Jaringan periklanan online yang dimiliki oleh Google dan memberikan kesempatan kepada para blogger untuk melakukan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan kontekstual di blog mereka.
Adwords
Adwords memungkinkan perusahaan atau individu untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka berdasarkan perhitungan cost per click (CPC). 

Affiliate Marketing
Disebut juga affiliasi, adalah sebuah cara untuk mendapatkan uang dari internet dimana seorang pemilik program affiliasi memberi kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi.
Alexa 
Sebuah perusahaan online milik Amazon.com yang memantau traffic semua situs yang ada di internet. Sistem ranking yang digunakan didasarkan pada data statistik dari toolbar browser pengguna internet.
Anchor Text
 Teks yang digunakan di dalam backlink. Anchor text merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi posisi ranking sebuah situs atau blog di hasil pencarian search engine.

Avatar
Representasi grafis yang berupa berupa gambar manusia, obyek, dan binatang dapat dipilih untuk dunia chating atau komunitas digital lainnya.

Atom
Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. 

Blog
Suatu jenis situs yang biasanya isinya berupa artikel. Awalnya blog muncul sebagai diary online, untuk saat ini blog mencakup berbagai macam topik.
Blogger
Sebutan bagi orang yang memiliki blog. Blogger juga merupakan nama hosting blog gratis milik Google.

Backlink
Hiperlink yang tampil di blog atau situs lain dan menaut pada halaman utama atau halaman lain dalam suatu blog atau situs. Backlink sangat penting  bagi search engine karena sangat berpengaruh dalam peringkat web/blog pada search engine.
Blackhat
Menyembunyikan teks dibalik gambar atau mempergunakan halaman doorway dengan re-direct adalah contoh teknik-teknik blackhat. Gabungan teknik SEO dan online marketing yang seringkali tidak etis dan bahkan kadang ilegal dengan tujuan tertentu.
Blogging
Aktivitas menulis sesuatu di dalam blog, baik berupa memposting artikel atau berinteraksi dengan pengunjung blog dan lain-lain. 

Captcha
“Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart”, yaitu sebuah gambar yang isinya kata atau huruf yang harus diketikkan untuk verifikasi.

Custom Domain
nama domain pilihan yang bisa digunakan sebagai alternative menggantikan nama blog. Kita bisa menggantikan alamat namablog.blogspot.com dengan namablog.com atau .net, .info, .org, .web.id, atau dengan nama domain lainnya.

Comments
Fitur yang terdapat dalam blog inilah yang membuat blog menjadi sebuah media percakapan langsungt.

Domain
Juga dikenal sebagai nama domain atau nama hosting domain, adalah nama situs atau blog yang tercatat di dalam dunia internet. Contoh nama domain adalah Bing.com.

Duplicate Content
Konten hasil duplikasi biasanya berupa artikel atau teks dalam sebuah situs atau blog. 

Favicon
Kependekan dari "Favorite Icon", adalah sebuah ikon yang diasosiasikan dengan logo sebuah situs atau blog dan akan muncul pada bagian browser atau bagian bookmark. 

HTML 
Hypertext Markup Languange adalah standarisasi dari kode bahasa komputer yang merupakan sumber dari dokumen web.

Header
Bagian paling atas dari blog yang biasanya berupa gambar atau tulisan dari judul dan deskripsi blog.

JavaScript
Bahasa pemrograman yang sederhana untuk membuat interaktifitas pada halaman website atau blog.

Keyword
Suatu kata kunci penting pencarian yang digunakan untuk mencari data di search engine.

Page Rank 
Rangking sebuah halaman website/blog yang diberikan oleh beberapa search engine, contohnya google.

Page Views
Pengunjung yang mengunjungi halaman pada blog kita. Setiap kali pengguna internet membuka sebuah halaman situs tertentu, satu page view akan dihitung.

PHP
Programming Hypertext Processor adalah sebuah bahasa pemrograman yang didesain untuk menciptakan halaman web yang bergerak.

Ping (Packet Internet Grouper)
Fungsinya itu untuk memberitahu layanan-layanan yang berhubungan dengan blog, bahwa kita baru menambah atau mengupdate konten blog kita.

RSS
Really Simple Syndication. RSS adalah suatu format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah situs dan halaman situs yang di-update secara berkala. 

Scraper
Pelanggaran hak cipta karena seseorang yang mencopy konten dari sumber lain dan dipublikasikan di blognya sendiri, tanpa memberikan kredit link, dan tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada penulis aslinya. 

Spam
Spam merupakan tindakan yang membuat pesan secara massal atau terlalu berlebih menjadi seperti sampah.

SEO
Search Engine Optmization mencakup sejumlah aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan ranking sebuah situs di halaman hasil pencarian search engine terutama mesin pencarian google.

SERP
Kependekan dari search engine results page. Ketika Anda mencari sebuah kata kunci melalui Google search engine, Anda akan mendapatkan halaman 10 hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang Anda cari. 

Social Bookmarking
Social Bookmarking adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan atau menyebarluaskan artikel dari internet.

Tag
Tag digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah artikel atupun konten dalam sebuah situs.

WordPress 
WordPress sama seprti blogger merupakan platform dan hosting blog gratis dari perusahaan automattic.
Diatas merupakan beberapa istilah dalam dunia blog. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda semua. Mohon maaf jika ada kekurangan. Terimakasih atas perhatian anda.

2komentar: