Sabtu, 09 Maret 2013

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Meningkatkan kegemaran membaca

Tema      : Meningkatkan kegemaran membaca
Assalamualaikum warakhmatullahi wabarakatuh        
Yang terhormat bapak kepala sekolah SMPN 6 Tuban, Yang terhormat bapak/ibu guru, Serta teman-teman yang saya sayangi
Marilah kita panjatkan puji syukur atas ke hadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya pada hari yang berbahagia ini kita dapat berkumpul di aula SMPN 6 Tuban dalam rangka peringatan Bulan Bahasa yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2012. 
Pada awalnya, banyak orang orang mengatakan bahwa membaca merupakan hal yang membosankan. Namun pada kenyataannya membaca memiliki banyak sekali manfaat.
Informasi yang bisa kita dapatkan sangat banyak mulai dari sejarah, ilmu pengetahuan, berbahasa, berita, dan masih banyak lagi manfaat dari kegiatan membaca. Jadi membaca sangatlah penting untuk semua orang, akibat yang timbul jika seseorang tidak suka membaca ialah di akan menjadi bodoh, tidak tahu kemajuan zaman, dan tidak memiliki cukup banyak wawasan.
Hadirin yang saya hormati......, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan minat membaca, saya mempunyai 4 tips untu meningkatkan minat baca kita semua. Pertama, mendisiplinkan diri, yaitu jadikan membaca sebagai kebiasaan. Sebagaimana halnya kebiasaan lain, membaca perlu keadaan yang berlangsung secara rutin dan terus menerus. Kedua, membawa buku bersama kita saat bepergian, pada waktu senggang kita dapat menisinya dengan membaca buku. Ketiga, membiasakan diri untuk menetapkan target, dan yang kelima, jangan membaca hanya semata karena kewajiban atau suatu keterpaksaan.
Dari kita membaca, banyak manfaat yang kita dapat antara lain :
1.    Terhindar dari kebodohan
2.    Terhidar dari sifat malas
3.    Dapat mengenbangkan kefasihan bertutur kata
4.    Dapat mengungkapkan sesuatusecara lisan dengan mudah
5.    Dapat mengeksplorasi dan mengembangkan informasi yang ada
Membaca merupakan hal yang sangat penting, karena dengan membaca kita dapat memperoleh banyak manfaat. Apabila hal tersebut menjadi rutinitas dan menyebabkan membaca menjadi sebuah kebiaasaan atau bahkan kebutuhan. Kita akan merasakan manfaat yang sangat besar. Saya berharap siswa-siswi SMPN 6 Tuban dapat meningkatkan kegemaran membaca mulai dari sekarang. Marilah kita tumbuhkan minat nenbaca, untuk menambah wawasan kita mengenai dunia maupun lingkungan sekitar.
Hadirin yang saya hormati, terima kasih atas segala perhatian yang telah diberikan untuk mendengarkan pidato saya. Mohon maaf bila ada perkataan saya yang salah dan tidak berkenan di hati hadirin semua.
Wassalamualaikum warakhmatullahi wabarakatuh

1 komentar: